Friday 20 October 2017

Dinkes Jayawijaya distribusikan obat ke daerah terpencil dengan pesawat


Ilustrasi pesawat kecil - Tempo.co

Wamena - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayawijaya, Papua, mendistribusikan obat-obatan ke dua daerah terpencil menggunakan helikopter helivida dan pesawat kecil.
Kepala Dinkes Kabupaten Jayawijaya, dr. Willy Mambieuw, mengatakan dua lokasi yang hanya bisa dijangkau dengan helikopter dan pesawat adalah Distrik Trikora dan Musatfak.
"Helivida itu ke Trikora, sementara ke Musatfak itu dengan menggunakan pesawat. Jadi ada satu distrik itu ada satu titik bisa dengan pesawat karena ada landasan, tetapi yang di Trikora itu hanya bisa dengan helivida," kata dokter Willy, di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Minggu (15/10/2017).
Menurut dia, petugas kaki telanjang yang ditugaskan di dua lokasi tersebut juga diangkut dengan menggunakan helikopter dan pesawat.
"Jadi kita sewa pesawat dan helivida," katanya.
Hanya dua lokasi pelayanan kesehatan ini yang membutuhkan akses penerbangan udara, sementara sebagian besar daerah lainnya sudah bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan empat.
"Sebagian besar sudah dijangkau dengan dengan kendaraan karena akses jalannya sudah terhubung," katanya.
Sebelumnya, pada Kamis lalu, Wakil Bupati Jayawijaya John Banua melepas 69 orang anggota satuan tugas (Satgas) kesehatan kaki telanjang untuk bertugas di wilayah pedalaman di kabupaten itu.
Penempatan petugas di distrik-distrik pinggiran ibu kota kabupaten itu merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.
Petugas kesehatan itu disiapkan untuk penempatan di delapan titik. Misalnya Distrik Walaik, Trikora, Tailarek, Pepukoba, dengan Distrik Itlay Isage.
"Distrik Trikora itu jangkauan satunya adalah harus helikopter sehingga kami tempatkan dua petugas, sementara sebagian besar distrik itu sudah bisa diakses melalui jalan darat. Penempatan 69 petugas ini selama satu bulan, selanjutnya di-rolling (digilir)," kata John.
Sumber :Tabloid Jubi