Friday 28 July 2017

Ditargetkan Tahun ini 50 Puskesmas di Papua Terakreditasi




Jayapura –  Tahun ini Dinas Kesehatan Provinsi Papua menargetkan 50 dari 394 puskesmas di wilayah harus terakreditasi dan memiliki fasilitas serta tenaga yang cukup.
“Semua kabupaten/kota di Papua, kami targetkan 50 puskesmas dari 394 puskesmas yang ada harus terakreditasi, selain akreditasi rumah sakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai di Jayapura, Senin.
Dia mengatakan tahun ini menjadi tahun awal kebangkitan akreditasi puskesmas dimana Dinas Kesehatan Provinsi Papua sudah memulai dengan akreditasi Puskesmas Kampung Harapan dan Puskesmas Dosay.
“Puskesmas Kampung Harapan sudah masuk pada tingkat madya. Itu artinya tinggal sedikit sudah terakreditas, sedangkan Puskesmas Dosay masih puskesmas pratama sehingga masih banyak hal yang harus dibenahi,” ujarnya.
Selama ini di Papua belum ada akreditasi puskesmas, padahal harus terpenuhi tenaga kesehatannya, fasilitas minimal, mutu pelayanannya minimal, semua itu harus ada, katanya.
Menurut dia, yang menjadi kendala utama sehingga hingga kini belum ada akreditasi puskesmas karena diketahui bersama bahwa di Papua banyak tenaga kesehatan di puskesmas terbatas serta fasilitas puskesmas masih kurang.
“Namun itu tidak menjadi faktor penghambat, kami akan terus berupaya untuk memenuhi fasilitas dan tenaga yang masih kurang di puskesmas,” ujarnya.
Selain akreditasi puskesmas, kata dia, rumah sakit juga harus terakreditasi.
“Makanya dalam penilaian rapor kinerja rumah sakit yang dibuat oleh Dinas Kesehatan Papua, salah satu indikatornya adalah sudah sejauh mana persiapan akreditasi rumah sakit,” ujarnya. (dw)
Sumber: , PAPUANEWS.ID