Wednesday 17 January 2018

Hati-hati, Ini Bahaya Makan Kangkung

Hati-hati, Ini Bahaya Makan Kangkung
Kangkung adalah salah satu sayuran hijau yang disukai banyak orang dan bermanfaat bagi kesehatan. Disamping banyaknya manfaat, bahaya makan kangkung dapat menyerang Anda jika tidak tahu takaran konsumsinya. Daun kangkung adalah jenis tanaman tropis yang mudah tumbuh pada daerah yang memiliki banyak air ataupun tidak. Sebab, kangkung terdiri atas dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air dimana keduanya memiliki kandungan gizi yang sama tingginya.
Pada dasarnya, sayur kangkung tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh selama cara mencuci, mengolah, dan memasaknya benar. Selain itu, seseorang yang mengonsumsinya pun tidak memiliki riwayat penyakit tertentu.
Ada beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kangkung berpotensi berbahaya bagi kesehatan. Kebiasaan buruk yang dimaksud sebagai berikut.
Kangkung tidak dicuci dengan bersih sehingga masih ada bakteri yang tertinggal yang menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.
memasak sebelumnya yang menyebabkan kangkung terkontaminasi dengan lemak jenuh yang bisa mengakibatkan masalah pencernaan.
garam berlebihan mampu menyebabkan munculnya keluhan kesehatan.
Berikut ini ulasan mengenai bahaya makan kangkung bagi kesehatan.
Asam urat
Penderita asam urat yang sudah sembuh atau masih dalam masa pemulihan sebaiknya menghindari makanan yang berhubungan dengan kangkung. Sebab, zat purin yang ada pada kangkung dapat menyebabkan penyakit asam urat kambuh. Persendian akan terasa nyeri dan timbul pembengkakan.
Mengantuk
Terlalu banyak mengonsumsi kangkung dapat mengakibatkan seseorang menjadi mudah terserang rasa kantuk. Hal ini karena kangkung memiliki zat kalium yang cukup tinggi yang mampu memengaruhi saraf-saraf di bagian kepala.
Alergi
Makan kangkung bagi sebagian orang dapat menyebabkan alergi berupa gatal-gatal, ruam merah atau pusing sementara. Hal tersebut karena seseorang alergi terhadap zat magnesium yang ada pada kangkung.
Sakit perut
Mengonsumsi kangkung yang tidak dicuci bersih dapat menyebabkan bakteri yang masih tertinggal mengiritasi dinding lambung dan jaringan perut lain. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang terserang sakit perut dan mual-mual.