Monday 22 January 2018

Belajar Bersama Tuan Arabica Baliem


Advertise
Kami mahasiswa Papua yang memgelola Banana Leaf Coffee di Yogyakarta merasa bangga kepada Koperasi Baliem Arabika yang membuka tempat untuk mahasiswa asli Papua bisa belajar berwira usaha secara mandiri dan bagaimana mengolah potensi yang ada di alam kami untuk produksi dari produk lokal sampai pada tingkat exportir.
Dengan adanya tempat ini kami mahasiswa sudah mulai belajar mengelola di dunia kopi dimulai dari budi daya, proses paska panen, proses prementasi, roasting atau pengorengan sampai pada penajian atau barista dan juga mengolah minyak buah merah dan manfaatnya, makanan khas Papua seperti pinag ubi dan juga tas Papua dan gelang Papua. Selain belajar berwira usaha tempat ini membentuk mental kami dimana kita bisa percaya diri menghadapi pelanggan-pelanggan, melayani mereka, menawarkan produk kami dan itu semua secara tidak langsung membentuk karakter wirausahawan. Dan juga dengan adanya aktifitas di tempat ini kami bisa mendapat uang bensin saat uang kiriman dari orang tua lagi habis, bisa makan bahkan kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan di tempat ini dengan geratis seperti acara syukurun, ibadah,  Makrab dll. Bahkan yang lebih pentingnya lagi adalah setiap pengunjung yang datang untuk minum kopi asli Papua sering mereka membagikan pengalaman sambil minum kopi dan seperti Kaka Andrian Sugeng Prakoso yang membagikan pengalaman dari masa pemuda yang sangat nakal di suatu diskotik kemudian ia melepaskan kebiasaan yang sulit di lepaskan dan kini menjadi pembicara tentang kopi yang sukses di se jawa tengah pengalaman beliau yangat termotivasi bukan hanya Kaka Sugeng saja tetapi ada banyak tamu-tamu bercerita pengalaman mereka.
 Dengan demikian tempat minum kopi asli Papua Yogyakata yang berada di kampung sambilegi, maguwo jogja ini merupakan tempat yang strategis, sunyi di hiasi dengan warna tembok merah hitam warna tim kebanggaan mutiara hitam. orang non papua yang tidak pernah ke papua datang ke tempat ini saja sudah merasa kayak berada di papua karena terhibur dengan irama musik Alpha Blondy, Lucky Dube dan Bop Marley sambil menikati secangkir minuman Tuan tanah ARABIKA BALIEM. Dan juga kenapa kami memilih tempat yang agak sunyi seperti ini karena kopi asli itu bukan untuk di minum tetapi untuk dinikmati di suasana yang sepi sekaligus menhilangkan rasa cape dan juga bisa belajar atau kerja tugas kampus karena disini dilengkapi Wifi gratis kalau ada tugas yang bingung bisa minta bantuan kepada kakak - kakak yang nonggrong disini. Bagi teman-teman yang belum sempat mampir jangan lupa datang ke jogja injak di BLC cicipi minuman para kepala suku.