Monday 20 November 2017

Keluarnya Cairan Pada Telinga Atau Dalam Istilah Awam

Foto Yopen Tero Tabuni S,Kep.Ns.
Keluarnya cairan pada telinga atau dalam istilah awam disebut dengan Congek, hal ini terjadi karena adanya infeksi pada telinga bagian dalam dari gendang telinga; bisa disebabkan karena batuk/filek yang lama seperti filek karena alergi atau infeksi saluran pernafasan lainnya; kuman pada hidung atau tenggorokan dapat naik dan bersarang pada telinga bagian dalam dan menyebabkan infeksi pada bagian dalam dari gendang telinga. Gejala pada kondisi ini adalah dapat terjadi demam, telinga terasa penuh dan sakit.
.
Infeksi makin berkembang dan nanah yang terjebakpun makin bertambah, hal ini menyebabkan gendang telinga terdesak dan terdorong kearah luar dan menyebabkan sakit yang luar biasa dan telinga terasa sangat penuh.
.
Tak berlangsung lama, gendang telinga akhirnya tidak dapat menahan banyaknya nanah yang terkumpul pada bagian dalam telinga tersebut dan gendang telinga jebol/robek sehingga keluar cairan kuning berbau, pada saat seperti ini penderita biasanya merasa lega dan tidak terasa sakit namun kehilangan pendengaran pada telinga yang bermasalah.
.
Sebaiknya bagi anda yang sering batuk filek, ada baiknya untuk tidak menunda pengobatan kedokter termasuk bila sudah terdapat gejala pada telinga dan pendengaran seperti keterangan diatas.