Monday 20 November 2017

Ingus Ketika Adanya Reaksi Pada Lapisan Mukosa Hidung

Foto Yopen Tero Tabuni S,Kep.Ns.
Ingus akan diproduksi berlebihan ketika adanya reaksi pada lapisan mukosa hidung yang membuatnya lebih aktif dari biasanya, reaksi itu bisa berupa infeksi contohnya pada infulenza atau karena zat-zat tertentu (alergen) yang menimbulkan reaksi alergi.
Berikut arti warna-warna ingus:

Ingus Tidak berwarna (bening atau putih)
Hanya menunjukkan peningkatan produksi lendir yang dapat disebabkan oleh reaksi alergi (baca: Rinitis Alergi) ataupun infeksi virus tahap awal seperti pada common colddan Influenza.

Ingus Berwarna Kuning atau Kuning Kehijauan
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa ingus berwarna kuning atau hijau jelas-jelas merupakan tanda adanya infeksi. Tapi jangan salah persepsi, meskipun penyebabnya infeksi ingus berwarna kuning atau hijau bukan berarti selalu karena infeksi bakteri.

Ingus Berwarna orange, merah atau merah kecoklatan
Ingus berdarah terjadi ketika terdapat iritasi atau peradangan yang berlebihan sampai-sampai menyebabkan lapisan mukosa hidung yang kaya akan pemuluh darah menjadi lecet sehingga darah keluar. Namun hal ini bisa juga disebabkan oleh keganasan atau kanker pada sinus walaupun kasusnya jarang.

Ingus Berwarna Biru
Lendir dapat berubah warna menjadi biru karena bakteri tertentu yang disebut Pseudomonas pyocyanea. Sekitar 1 dari 10.000 orang yang mengalami, cukup jarang. Jika lendir telah berubah menjadi warna biru tebal yang telah berlangsung beberapa hari maka periksalah ke dokter.
Ingus berwarna biru juga dapat terjadi setelah menghirup bubuk biru atau sesuatu yang lain di udara yang berwarna biru. Jika hal ini terjadi, maka ingus harus kembali normal dalam waktu satu atau dua hari .

Ingus Berwarna Kehitaman
Lendir berwarna gelap atau kehitaman biasanya terjadi akibat menghirup polutan di udara. Karena salah satu tugas lendir hidung adalah menjebak kotoran atau partikel lain dan mencegah mereka terhirup ke dalam paru-paru. Jika ada abu, kotoran, debu, asap, atau zat semacam itu di udara maka lendir akan menjebaknya. Ingus hitam atau abu-abu sering terjadi di kota-kota karena polusi di udara.