Friday 20 October 2017

Masyarakat minta poliklinik penyakit dalam RSUD Yowari buka tepat waktu


Pasien di RSUD Yowari Kabupaten Jayapura, saat antri di poliklinik penyakit dalam, Selasa (26/9/2017) - Jubi/Yance Wenda

Sentani -  Lambatnya pelayanan di polikinik penyakit dalam RSUD Yowari Kabupaten Jayapura dikeluhkan masyarakat yang biasa berobat di rumah sakit tersebut. Meski pasien sudah mulai datang pukul 8 pagi, tapi dokter spesialis penyakit dalam biasanya baru tiba di rumah sakit dan melayani pasien paling cepat pukul 10 pagi. Akibatnya, pasien menumpuk dan harus rela antre lama.
“Dokter seharusnya sudah siap lebih awal, bukan datang diatas jam kerja. Saya datang antar anak saya dari jam 9 pagi. Kasih masuk kartu daftar di lobby, terus masukkan kartu di poliklinik penyakit dalam. Disini yang kita tunggu lama sekali," kata Ice, keluarga pasien, kepada Jubi, Selasa (26/9/2017).
Ia berharap pelayanan yang diberikan di poliklinik penyakit dalam bisa lebih dipercepat agar pasien tidak menumpuk untuk menunggu giliran.
"Saya kasih masuk kartu di ruang penyakit dalam, mereka bilang dokter datang pukul 10 atau 11.  Ini bagaimana? Kalau ada pasien sakit parah bagaimana? Apa harus tunggu?" kata Ice.
Ibu rumah tangga ini menjelaskan pelayanan di ruang poliklinik anak, poliklinik kebidanan, dan beberapa poliklinik lain, serta apotek, cukup bagus, tidak perlu lama menunggu seperti di poliklinik penyakit dalam.
Karena harus menunggu lama, pasien yang datang ke rumah sakit sekitar pukul sembilan pagi, harus menunggu sekitar empat sampai lima jam, dan baru bisa pulang sekitar pukul satu atau dua siang.
"Pelayanan di poliklinik penyakit dalam itu lama karena dokter datang lama. Jadi pasien juga bosan. Belum lagi antre ambil hasil periksa darah. Pelayanan harus diperbaiki. Kalau bisa itu dibuka pagi jam delapan kah, paling lambat jam setengah sembilan, supaya pasien tidak antre sampe berjam-jam," kata Ice.
Salah seorang pasien, Yandinus Wenda, warga Doyo lama, mengatakan rumah sakit harus memberikan pelayanan yang cepat karena waktu mengantre juga sudah memakan waktu lama.
"Saya dari pagi jam 8 sudah disini. Dari daftar di loket dan sekarang masih antre di poliklinik penyakit dalam. Saya sudah periksa darah dan ambil hasilnya. Nanti belum lagi antre ambil obat di apotek, jelas memakan waktu juga. Pelayanan harus lebih cepat supaya pasien tidak bosan tunggu," katanya dengan nada kecewa. 
Sumber :Tabloid Jubi